Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Sabtu, 06 Agustus 2011

Budaya Korea

nah kali ini gue bakalan postingin artikel salah satu  budaya korea nih. itung-itung nambah pengetahuan gitu .... *hehe.
kali ini budaya yang bakalan aku postingin adalah  hari raya besar orang korea. nah, para pembaca pasti mulai penasaran dengan budaya korea pastinya,, bangsa korea memiliki beberapa macam hari raya,sama halnya seperti di indonesia.saat hari raya tiba,semua orang memilih pulang ke kampung halamannya masing-masing untuk berkumpul bersama keluarga. berikut  bentuk hari raya di korea

Seollal
seollal merupakan perayaan tahun baru masyarakat korea. di korea terdapat dua sistem perhitungan kalender,yaitu sistem perhitungan berdasarkan matahari (sistem perhitungan kalender yang digunakan di seluruh dunia) dan sistem kalender yang diperhitungkan oleh bulan.
pada saat seollal,masyarakat korea menggelar jeongjocharyae, ritual khusus yang dilakukan untuk mempersembahkan makanan dan minuman kepada roh nenek moyang terdahulu.ketika melakukan jeongjocharyae,biasanya bangsa korea akan bangun lebih pagi untuk menata makanan dan minuman yang sudah disediakan.kemudian,mereka melakukan sebuah penghormatan dengan melakukan doa-doa tertentu. selanjutnya,satu keluarga dalam sebuah rumah akan memberi penghormatan kepada orang yang lebih tua di rumah tersebut.anak-anak kecil biasanya akan melakukan penghormatan kepada orang yang lebih tua dan mendapatkan uang tahun baru yang sering disebut sebagai saebaetdon. sam seperti perayaan idul fitri di indonesia, saat merayakan seollal orang korea juga akan mengenakan pakaian baru atau sering disebut seolbim.seolbim adalah sebutan untuk semua pakaian baru yang dikenakan perayaan hari-hari besar lainnya. Dahulu,orang mengartikan bahwa mengenakan seolbim berarti mengenakan hanbok yang merupakan pakaian tradisional korea. karena hanbok dianggap sesuatu yang sangat berharga dan mahal,maka hanya dikenakan pada saat hari raya atau hari-hari besar tertentu lainnya.namun,sekarang ini seolbim tidak hanya berarti pakaian baru yang berupa hanbok, tetapi semua pakaian baru yang dibeli untuk mrayakan hari raya.
saat merayakan seollal, orang korea memiliki tradisi khusus untuk menyantap makanan wajib dihidangkan disetiap perayaan seollal,yaitu teokguk. makanan yang dibuat dari beras ketan ini disantap dalam bentuk sup. nah dibawah ini beberapa gambar perayaan seollal 






0 komentar:

Posting Komentar